PROGRAM KEAHLIAN
ADMINISTRASI PERKANTORAN
ADMINISTRASI PERKANTORAN
Visi dan Misi Program Keahlian Administrasi Perkantoran :
Visi
Menghasilkan lulusan yang berakhlak memiliki wawasan ilmu pengetahuan serta keterampilan khususnya dibidang Administrasi Perkantoran
Misi
Membekali kemampuan dan keterampilan siswa dalam memaksimalkan potensi siswa dengan fasilitas yang memadai, sehingga menghasilkan tenaga kerja yang terampil.
Meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa dengan melibatkan majelis sekolah, dunia usaha dan dunia industri untuk memenuhi kebutuhan pasar kerja.
Secara khusus tujuan program keahlian Administrasi Perkantoran adalah membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap agar kompeten :
1. | Menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan relasi dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat. |
2. | Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efesien. |
3. | Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi, dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggungjawab. |
4. | Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/dokumen sesuai dengan standar operasional dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga. |
5. | Menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat masing-masing pihak. |
6. | Menerapkan dan mengembangkan kemampuan mengelola administrasi keuangan sehingga segala aspek keuangan dapat dilaporkan dan dipertanggungjawabkan. |
VISI DAN MISI PROGRAM KEAHLIAN TEGNOLOGI DAN REKAYASA
VISI
Terwujudnya Diklat Kendaraan Ringan yang mampu menghasilkan tamatan dengan kompetensi yang dimiliki dapat menunjang pengembangan pembangunan daerah dalam menghadapi persaingan bebas dengan landasan iman dan Taqwa
MISI
Mewujudkan Manajemen berbasis Program Keahlian
Menyelenggarakan Diklat Teknik Kenderaan ringan unuk menghasilkan
a.Yang memiliki kompetensi sesuai kebutuhan kerja
b.Yang mampu mengembangkan kompetensi nya secara mandiri dan membuka lapangan
kerja
Latar Belakang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran
1. | Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kagiatan pembelajaran untukmencapai tujuan pendidikan tartentu, yang meliputi Tujuan Pendidikan Nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik, oleh sebab itu Kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah. |
2. | Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan (KTSP) yang beragam mengacu pada standard Nasional Pendidikan untuk menjamin pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional. StandarNasional Pendidikan terdiri atas Standard Isi, Proses, Kompetensi Kelulusan, Tenaga Kependidikan, Sarana dan Prasarana, Pengelolaan, Pembiayaan dan Penilaian pendidikan, Standard Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam pengembangan Kurikulum. |
Tujuan Mata Pelajaran
1. | Mata pelajaran merupakan materi bahan ajar berdasarkan Landasan Keilmuan yang akan dibelajarkan kepada peserta didik sebagai beban belajar melalui metode dan pendekatan tertentu. |
2. | Beban belajar pada mata pelajaran ditentukan oleh keluasan dan kedalaman pada masing – masing tingkat satuan pendidikan. Metode dan pendekatan pada mata pelajaran bergantung pada ciri khas Karakteristik masing – masing mata pelajaran dengan menyesuaikan pada kondisi yang tersedia di sekolah. |
3. | Sejumlah mata pelajaran tersebut terdiri dari mata pelajaran Wajib dan mata pelajaran pilihan pada sekolah menengah kejuruan. |
4. | Untuk mencapai standard kompetensi yang telah ditetapkan oleh Dunia Usaha/Dunia Industri, Asosiasi Profesi, Substansi mata pelajaran di SMK di kemas dalam berbagai Mata Pelajaran yang salah satuya adalah Program Produktif. |
1.
Standar Kompetensi Lulusan
1. | Berprilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja |
2. | Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya |
3. | Menunjukan sikap percaya diri dan bertangungjawab atas perilaku, perbuatan dan pekerjaannya. |
4. | Berpartisipasi dalam menegakan aturan-aturan sosial. |
5. | Menghargai keragaman agama, bangsa, suku, ras dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global. |
6. | Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif dan inovatif. |
7. | Menunjukkan kemampuan berfikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan. |
8. | Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik. |
9. | Menunjukkan kemampuan budaya belajar untuk pemberdayaaan diri. |
10. | Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks. |
11. | Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial. |
12. | Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggungjawab |
13. | Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia. |
14. | Mengekpresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya. |
15. | Mengapresiasi karya seni dan budaya. |
16. | Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok. |
17. | Menjaga kesehatan dn keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan |
18. | Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun. |
19. | Memahami hak dan kewajiban diri orang lain dalam pergaulan di masyarakat. |
20. | Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain |
21. | Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estesis. |
22. | Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis dan berbicara dalam bahasa indonesia dan bahasa inggris. |
23. | Menguasai kompetensi program keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kerja maupun untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar